Selamat datang, lindungi harta benda anda dgn asuransi pilihan tanyakan dengan admin ? yang mau kirim artikel untuk ditayangkan diperkenan dan laporkan apabila ada link yang rusak atas kunjungan dan kerjasama anda diucapkan terima kasih

Sabtu, 09 Juni 2012

Kepedulian dan Harapan TKI

Sudah banyak cerita tentang TKI (Tenaga Kerja Indonesia) katanya menjadi TKI itu sebagai pahlawan devisa tidak bisa dipungkiri…. Negara tetap mengharapkan devisa untuk sebagai nilai tukar rupiah…. Tapi sangat riskan kenapa pahlawan kok kesannya kurang mendapat perhatian pemerintah
Jumlah TKI Indonesi.
Jumlah TKI pekerja domestik sampai dengan akhir 2011 tercatat sebanyak 2.601.590 yang tersebar di seluruh dunia. Adapun rinciannya yakni kawasan Timur Tengah dan Afrika sebanyak 1.422.650 orang  atau 54,68%, kawasan Asia-Pasifik sebanyak 1.178.830 orang (45,31%) dan sisanya Eropa, Australia dan Amerika sebanyak 110 orang atau 0,004%.   sourse

Sebuah cerita yang dialamai oleh salah seorang TKI semula hanya sebagai buruh kasar oleh karena kegigihan dan kerja keras akhirnya menjadi orang berhasil balik ke Negara Indonesia Tercinta sebagai perwakilan perusahaan yang ada di Malaysia.
Berikut ini nama saya samarkan karena tidak enak juga menyebutkannya karena sekarang ex TKI sudah menjadi orang hebat karena dengan menjadi TKI-lah disampaing bekerja yang bersangkutan mendapatkan kesempatan untuk menambah skill keahlian dibidang keuangan. Awal cerita sebenarnya secara kebetulan juga saya menanyakan tentang riwayat kerja…. Berangkat ke Malaysia sebelumnya pergi oleh karena tuntutan ekonomi keluarga sebagai anak yang tertua sudah selayaknya lah untuk turut memperbaiki  ekonomi keluarga.
Dari awal perjuangan hanya berbekal passport dan tanpa uang sepeserpun petugas/agen  yang  mewawancarai  sampai tidak percaya bahwa dengan hanya  modal nekad rupanya nona ini berani menjadi ke TKI mana disana tidak ada teman,  tidak ada keluarga, tanpa kenalan , awalnya menjadi TKI kerjaanya hanya sebagai tenaga kerja kasar maaf jika dalam bahasa kita disebut babu….. ooohhh…
Waktu berjalan sudah kampong ditinggalkan hanya berkat doa dan kerjakeras setiap cobaan berhasil dilalui dengan tabah…..


Puisi Untuk Mu Pahlawan Ku

Bagaimana harus jauh dari keluarga
jauh dari tanah tumpah darah,
dengan perlindungan seadanya
dari negara yang dicintainya.....


mengepak sayap..
merengkuh harap..
demi anak yang harus meneguk susu
demi keluarga yang harus terselimuti..
Demi bangsa yang melahirkanku....


kalaupun bukan senyum yang bisa ku berikan..
cinta kuwujudkan disini...


Wakil rakyat kita sekarang ini sudah menyetujui  undang-undang tentang TKI berikut kita simak bersama pembahasan di DPR dibawah ini, beserta tanggapan masyarakat tentang undang-undang harapan TKI


Nah demikian hanya sebagai sekelumit tulisan tidak dapat saya sampaikan secara keseluruhan mengenai kisah TKI semoga dimasa yang akan datang mendapatkan banyak perhatian terutama mengenai jaminan kemanan selama bekerja di luar negeri jika bukan kita siapa lagi yang ikut peduli terhadap mereka.  Artikel ini untuk diikutsertakan dalam Kontes Blog Solidaritas Blogger untuk TKI mengenai topik Ekonomi Desa dan Gejala Keberangkatan TKI ke Luar Negeri  semoga bisa menambah pengalaman saja. Dalam Solidaritas Blogger untuk TKI.


72 komentar:

lizz mengatakan...

tidak ada orang yang menginginkan jadi babu sebenarnya, kalau tidak karena desakan kebutuhan ekonomi,semua kerjaan itu mulia asal halal dan baik, bukan semua orang bisa menjadi babu termasuk saya,salut deh makanya...nice entri gan :D

cinta batik mengatakan...

TKI itu dilematis, masalah perut, namun apa daya kita juga sulit cari kerjaan di negeri sendiri

Munir Ardiku mengatakan...

demikianlah mas seakan berada diatas dilema pingin menghentikan tki tapi dinegeri sendiri pekerjaan susah

Blog Keperawatan mengatakan...

Terima kasih sahabat atas berbagi pengetahuannya dan juga informasinya ini.

Dan semoga pula sukses kontesnya

Widi Siera Baru mengatakan...

semua terjadi karena pemerintah yang tak mampu melindungi rakyatnya !!

binkbenk mengatakan...

bener banget itu sob..TKI merupakan salah satu sumber devisa negara,, namun perlindungan terhadap TKI masih kurang banget

muhrochim mengatakan...

semua pasti ada alasannya, wkwkwk

anisayu mengatakan...

mengapa ya TKI selalu dipandang rendah, padahal kerjanya sangat lelah, jauh dari keluarga dirumah...

Cendekiawan IT mengatakan...

TKI adalah pahlawan Devisa, tapi mengapa negara ini jarang memperdulikannya, banyak kasus aneh terjadi di luar negeri dan negera kita gak begitu serius memperjuangkannya...

Aldio Blog mengatakan...

mampir ditengah malam sobat, sambil baca postingan ini. nice..

Asis Sugianto mengatakan...

kasihan juga dengan TKI kita sobat, hak mereka tidak diperjuangkan dengan baik sobat...

cerita anak kost mengatakan...

emang agak pelik kalau masalah TKI gan, karena banyak unsur yang mendukung dan terlibat. sebenarnya klo di negara ini juga tersedia kesempatan kerja yang lebar, mereka ga akan memaksakan diri ke sana. semoga pemerintah memberikan kebijakan dan perlindungan yang berarti bagi mereka

asuransioke mengatakan...

@ lizz : nice komentar mba

asuransioke mengatakan...

@ cinta batik : benar mas, tks komentarnya

asuransioke mengatakan...

@ Munir Ardiku : komentar mantap Gan, thanks

asuransioke mengatakan...

@ Blog Keperawatan : sama-sama Gan, tks sudah berkomentar MANTAP

asuransioke mengatakan...

@ Widi Siera Baru : komentar bagus semoga dimasa yang akan datang TKI menjadi prioritas, tks komentarnya Mantap

asuransioke mengatakan...

@ binkbenk : TKI sumber devisa sangat setuju, komentarar bagus dan mengingatkan Gan, thanks

asuransioke mengatakan...

@ muhrochim : betul Gan ayo bersama-sama selamatkan TKI kita, mantap Gan komentarnya, thanks

asuransioke mengatakan...

@ anisayu : betul Gan, komentar mantap, thanks

Hadi Sukoco mengatakan...

Dilematis.. Jika bukan karena pengelolaan perekonomian dan kepemimpinan yang carut-marut, tidak perlu rasanya rakyat kita menjadi pekerja di negeri orang. Mestinya orang lain yang bekerja di negeri kita yang kaya raya. Hanya karena kepentingan sekelompok orang, kemiskinan di negeri ini sengaja dipelihara untuk keuntungan mereka. Benar-benar dilematis...

Outbound di Malang mengatakan...

kunjungan gan .,.
saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Dhana Arsega mengatakan...

Salam sahabat
maaf jarang online sibuk dan syukur alhamduLillah si adik udah nongol hehehe.....
TKI bisa menanjadikan sebuah wadah yang sangat membuat dedikasi tersendiri namun banyak juga yang menganggap miring
walah hidup dan jaya para TKI aja wes

Dhana Arsega mengatakan...

salam sahabat
semoga para TKI kedepannya lebih baik aja,soalnya dilihat dari segi pendapatan bisa membantu negara loh

Galeri Ari Febriant's mengatakan...

mampir om...
seharusnya nasib para pahlawan devisa ini lebih diperhatikan lagi ga seperti saat ini yg sangat tragis..

Ririe Khayan mengatakan...

TKI dengan segala dilematisnya..sesungguhnya punya peran besar di negeri ini. Mereka siap menyeberang benua utk mengurangi tingkat pengangguran di tanah air...jd dibalik alsan utk mencari nafkah keluarga, TKI tak hny penghasil devisa tp juga 'mengatasi' sekian % masalh pengangguran..

admin mengatakan...

@ Anonim Cendekiawan IT : komentar kren sob tks

@ Aldio Blog : selamat datang untuk mampir Gan, tks

admin mengatakan...

@ Asis Sugianto : komentar bagus Gan, tks

asuransioke mengatakan...

@ cerita anak kost : komentar ok, tks Gan

asuransioke mengatakan...

@ Hadi Sukoco : komentar mantap dan kren , terima kasih

Ran Jiecess mengatakan...

Sebenarnya ini juga dari dulu-dulu udah jadi lagu lama. Jangankan TKI, pekerja dalam negeri aja masih banyak dilemanya. Cuman ya tetep kita berharap ada peningkatan proteksi dari pemerintah, selain kesadaran dari TKI kita agar tidak terpengaruh dengan ajakan merantau ilegal. Tapi susah juga, habisnya prosedur seringkali berbelit2. Makanya nyari jalan pintas.

Ran Jiecess mengatakan...

Sebenarnya ini juga dari dulu-dulu udah jadi lagu lama. Jangankan TKI, pekerja dalam negeri aja masih banyak dilemanya. Cuman ya tetep kita berharap ada peningkatan proteksi dari pemerintah, selain kesadaran dari TKI kita agar tidak terpengaruh dengan ajakan merantau ilegal. Tapi susah juga, habisnya prosedur seringkali berbelit2. Makanya nyari jalan pintas.

Fs-Galery mengatakan...

Seperti itulah nasib TKI kita.. disatu sisi kita bangga dengan mereka, tapi disisi lain bangsa ini justru dipermalukan dengan apa yang mereka terima dinegero orang.. sukses mas..
Gagasan Wirausaha untuk TKI dengan Desa Entrepreneur

Rizkyzone.com mengatakan...

TKI memang pahlawan devisa mas, tapi juga TKI pahlawan yang tak pernah di anggak pahlawan yang tanpa perlindungan

asuransioke mengatakan...

@ Outbound di Malang : terima kasih supportnya Gan

asuransioke mengatakan...

@ Dhana Arsega : mantap mba, komentarnya kren walaupun singkat, hehe....

asuransioke mengatakan...

@ Dhana Arsega : semoga demikian,komentar mantap Gan

asuransioke mengatakan...

@ Galeri Ari Febriant's : semoga kedepannya teman-teman TKI lebih bagus mas, komentar kren , thanks

asuransioke mengatakan...

@ Ririe Khayan : betul sekali Gan, thanks atas komentarnya Gan

asuransioke mengatakan...

@ Ran Jiecess : betul Gan semoga dimasa akan datang TKI makin terorganisir dengan baik, kita harapkan sama-sama ya Gan, terima kasih

AIni sastra mengatakan...

mantap mas, semoga menang ya... infonya juga mantap surantappp


Salam
The Gaptek

Blogilicious 2012 #CreativeBlog 7 kota mengatakan...

keren sob tulisan nya

Yulio Adi Candra mengatakan...

info yang bermanfaat gan,,,, salam kenal..

Yulio Adi Candra mengatakan...

info yang bagus.... salam kenal

Fahmi Setiawan mengatakan...

Ibu gua itu sebenernya TKI Sob, dengan baca artikel ini gua jadi ke inget lagu sama ibu gua sob. hmm... nice artikel sob :D

Fahmi Setiawan mengatakan...

Ibu gua itu sebenernya TKI Sob, dengan baca artikel ini gua jadi ke inget lagu sama ibu gua sob. hmm... nice artikel sob :D

Uqhi•° mengatakan...

Nice dekkeng :D

Novitiyono mengatakan...

Memang untuk menjadi orang sukses butuh perjuangan dan kemauan yang besar. Thanks atas infonya sobat. :D
Bikin tambah termotivasi. :)

Anthzo mengatakan...

Nice info sob... semua yang kita lakukan pasti ada hasilnya

Mr Simpel mengatakan...

sebenarnya sudah sering juga dengar nasib para TKI di luar sana, padahal katanya mereka ini adalah salah satu penyumbang devisa terbesar untuk negara, semoga dengan di sahkan undang-undang dari pemerintah indonesia ini bisa lebih melindungi mereka

Mr Simpel mengatakan...

sebenarnya sudah sering juga dengar nasib para TKI di luar sana, padahal katanya mereka ini adalah salah satu penyumbang devisa terbesar untuk negara, semoga dengan di sahkan undang-undang dari pemerintah indonesia ini bisa lebih melindungi mereka

admin mengatakan...

@ Fs-Galery : terima kasih gan dukungan Gan

admin mengatakan...

@ Rizkyzone.com : komentar bagus mas, tks kehadiran-nya ya

asuransioke mengatakan...

@ AIni sastra : terima kasih mas dukungannya

asuransioke mengatakan...

@ Blogilicious 2012 #CreativeBlog 7 kota : terima kasih Gan

asuransioke mengatakan...

@ Yulio Adi Candra : terima kasih Gan kunjungannya, lam kenal juga ya?

asuransioke mengatakan...

@ Fahmi Setiawan : mas Fahmi komentar bagus, terima kasih

asuransioke mengatakan...

@ Uqhi•°: terima kasih atas kunjungannya ya?

asuransioke mengatakan...

@ Novitiyono : benar mas memang perlu perjuangan, komentar bagus mas, terima kasih

asuransioke mengatakan...

@ Anthzo : amiin

asuransioke mengatakan...

@ Mr Simpel : semoga UU yang dibuat sangat bermanfaat untuk mereka, komentar kren sob, terima kasih

Mr Nyariadi mengatakan...

Para TKI disebut pahlawan devisa
layak jika mendapat perlindungan
info bermanfaat Bang

asuransioke mengatakan...

@ Mr Nyariadi : betul kang, komentar mantap, terima kasih

Dwi Wahyudi mengatakan...

TKI adalah salah satu bentuk ketidakmampuan Pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi para rakyatnya, jadi jangan salahkan Pemerintah Malaysia jika pada akhirnya mereka menjadikan para TKI kita sebagai babu di negara mereka. Bener ngga???

asuransioke mengatakan...

@ Dwi Wahyudi : betul mas maka kita berharap lapangan kerja semakin terbuka dan jika perlu kebutuhan info lowongan kerja mudah didapatkan oleh yang membutuhkan disesuaikan dengan kebutuhan pasar dalam negeri dulu , komentar bagus mas, terima kasih

Novrizal Azis mengatakan...

Pemerintah Indonesia kurang tegas nihh..dalam menangani kasus2 TKI

asuransioke mengatakan...

@ Novrizal Azis : komentar hebat sob, thanks

zaenal blog mengatakan...

Smoga kontes artikelnya lancar dan sukses sob,
dan smoga TKI indonesia yang masih menjadi TKI dipermudah dalam sgala urusannya

I Love Indonesia mengatakan...

TKI / TKW berharap setelah mendapatkan modal bisa berusaha madiri di negeri sendiri.
Tidak ada yang lebih membahagiakan dibanding bekerja bersama keluarga tercinta.
Tapi apa daya persaingan usaha di dalam negeri bagaikan di belantara, yang kuat modal dan ilmu sebagai raja.
TKI / TKW memerlukan ilmu usaha yang bisa mampu bersaing, Kang.

asuransioke mengatakan...

@ zaenal blog : amiin terima kasih doanya sob

asuransioke mengatakan...

@ I Love Indonesia : betul kang, komentar bagus terima kasih ya dukungannya, thanks

Wapels mengatakan...

@ wapels : Om ku meninggal di Malaysia dan dikebumikan di Indonesia, tidak ada bantuan dana dari pemerintah, melainkan biaya sendiri. Hidup pemerintah... !!!

Pengikut